Kamis, 03 November 2011

Bagaimana Cara Meningkatkan Minat Baca Anak ?

 Menumbuhkan minat baca pada anak...gampang-gampang susah. Anak yang masih sangat aktif bereksplorasi sangat susah untuk bisa duduk diam di meja belajar. Orang tua yang harus kreatif mengajarkan anak, melauli hal-hal yang menggelitik dan menarik minat meeka saat itu. Lama-kalamaan belajar secara disiplin memang harus di bangun dan di biasakan.



Semakin bertambah usia anak pola belajar harus menjadi sebuah kebiasaan dan kebutuhan. Salah satu caranya dengan membangkitakn minat baca. Maka sebaiknya minat baca sudah di kembangkan sejak anak masih kecil. Selain itu anak juga perlu selalu di berikan motivasi untuk berprestasi. Sehingga anak akan berusaha melakukan hal terbaik yang mereka bisa lakukan.

Tapi ada juga saatnya anak malas, enggan sehingga menolak untuk belajar. Orang tua perlu pandai-panda mencari tehnik yang non-bribery ( tidak memanipulasi). Anak juga jangan di iming-imingi hadiah untuk mau belajar. Karena bisa membentuk jiwa korupsi dan manipulasi. Sebab nanti jika tidak ada hadiahnya anak jadi tidak termotivasi untuk belajar.

Sebaliknya anak perlu di ajak berpikir, tentang akibat bagi dirinya jika ia tidak mau belajar. Sedapat mungkin ornag tua menunggui dan mendampingi saat anak sedang belajar. Ini bentuk partisipasi dan kepedulian orang tua terhadap anak. Merekapun akan merasa di perhatikan. jangan menyuruh anak belajar, tapi orang tua asik sendiri nonoton TV.

Orang tua perlu sedini mungkin mengenali potensi anak, termasuk minat, bakat, kepribadian dan potensi anak. Karena mengenali betul terhadap anak, maka orang tua juga percaya diri dalam mendamping anak-anaknya. Tidak bersikap was-was, panik, terlalu menasehati, banyak menuntut, ataupun over protective.

Ada bebarapa tips yang bisa di terapkan di rumah anda untuk meningkatkan minat baca pada anak.

  1. Bacakan buku untuk anak setiap hari agar menjadi kebiasaan.
  2. Usahakan tempat buku mudah dilihat dan dim jangkau oleh anak.
  3. Ajak anak ke tempat yang ada buku, misalnya perpustakaan.
  4. Bacakan dengan ekspresi.
  5. Lakukan dengan kegiatan mendongeng.
  6. Perkenalkan anak pada bacaan-bacaan yang ada di sekitar kita
  7. Beri kesempatan mengarang.
  8. Libatkan seluruh anggota keluarga.
  9. Ajak anak bereksperimen.
  10. Mulailah dengan orang tua membaca untuk memberi contoh.
  11. Hargai buku, misalkan berikan untuk hadiah.
  12. Lakukan semua kegiatan itu dengan gembira.
Miliki koleksi buku bermutu, dari amazon com. Lihat dengan klik banner di bawah ini.








    Artikel ini di tulis dari berbagai sumber, semoga bermanfaat.
    Cara belanja online di Amazon.com klik disini !

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar